Kalau dulu pernah terjadi letusan gunung tambora yang menyebabkan bencana global dan perubahan iklim dunia…sekarang terjadi lagi letusan gunung yang dikawatirkan memicu bencana global. Gunung berapi di Islandia yang sudah ratusan tahun nggak aktif ini…tiba-tiba meletus dan mengeluarkan lava panasnya. Lebih lanjut mengenai ini…simak artikel berikut:

Lava yang keluar dari gunung di Islandia pada Senin menimbulkan kekhawatiran. Letusan pada 1783 membebaskan gas dan menimbulkan malapetaka besar hingga ke Inggris.

Ledakan itu dikekhawatiran menimbulkan letusan yang lebih besar di gunung berapi Katla.

Para ilmuwan mengatakan sejarah telah membuktikan ketika gunung berapi Eyjafjallajökull meletus, Katla mengikuti dan satu-satunya pertanyaan adalah kapan.

Karena Katla terletak di bawah gunung es Myrdalsjokull yang sangat besar, maka bisa menimbulkan ancaman bencana banjir besar saat ledakan itu terjadi.

Letusan pada Sabtu (20/3) di Eyjafjallajökull yang tidak aktif selama hampir 200 tahun, memaksa setidaknya 500 orang untuk mengungsi.

Sebagian besar telah kembali ke rumah mereka, tetapi pihak berwenang sedang menunggu penilaian ilmiah untuk menentukan apakah mereka aman untuk tinggal.

Islandia berada di titik gunung berapi besar di pertengahan jalur Atlantik. Letusan, Islandia sering terjadi dalam sepanjang sejarah, seringkali dipicu oleh kegiatan seismik ketika lempeng bumi bergerak dan ketika magma dari bawah tanah mendorong ke permukaan.

Seperti gempa bumi, memperkirakan waktu letusan gunung berapi adalah ilmu yang tidak pasti. Tapi letusan gunung berapi di Katla bisa menjadi bencana, baik untuk Islandia dan negara-negara lain.

Letusan gunung berapi Laki di Islandia pada tahun 1783 membebaskan gas yang berubah menjadi kabut asap. Asap mengambang di wilayah Jet Stream dan mengubah pola cuaca.

Banyak yang mati keracunan gas di Kepulauan Inggris. Produksi tanaman turun di Eropa Barat. Kelaparan menyebar.

Beberapa bahkan mengaitkan letusan yang menyebabkan kelaparan dengan Revolusi Prancis. Pelukis pada abad 18 menggambarkan hal itu dalam karya-karya mereka.

Musim dingin tahun 1784 juga salah satu terpanjang dan terdingin dalam catatan di Amerika Utara. New England melaporkan rekor suhu di bawah nol terlama dan New Jersey melaporkan rekor akumulasi salju. Sungai Mississippi juga dilaporkan membeku di New Orleans.

“Ini mirip skenario Hollywood tapi bisa terjadi,” kata Colin Macpherson, seorang ahli geologi di University of Durham. “Saat lelehan naik, itu seperti mengambil gabus keluar dari botol sampanye.”