Tersimpan di Masjid Fatimah, Serengan, Solo
Alquran raksasa dari kulit unta

1 al quran-slo 1TIDAKLAH sulit mencari kitab suci Alquran, namun bila ukurannya tak lazim dan terbuat dari kulit unta ini yang sulit. Di Masjid Fatimah, Serengan, Solo tersimpan Alquran berukuran raksasa dan terbuat dari kulit unta. Konon, kitab suci ini sudah berusia sekitar dua abad. Menurut takmir masjid itu, Ustad H Muhammad Nazzim (46) bahwa kitab itu merupakan pemberian dari salah satu kerajaan di Timur Tengah kepada Keraton Kasunanan. ”Saat Ramadan para jemaah membaca kitab ini secara bergantian, hingga menjelang sahur,” kata dia. Untuk memelihara kitab ini, lanjut dia, cukup sederhana. Dia menceritakan, bila setiap hari beberapa santri mengelapnya dengan kain.

Nazzim mengatakan, lembaran untuk tulisan Arab terbuat dari kulit perut dalam unta tapi tidak berbau. Sedangkan kharomah kitab ini menurut ustad yang kesehariannya menjadi takmir selama empat tahun ini mengatakan tidak ada.

Hanya saja setiap kali membaca menjadi kecanduan membaca karena ada rasa nyaman. Meskipun tulisan tintanya ada yang tidak jelas, secara tidak langsung mulut seperti ada yang menuntunya membaca dan tidak ada kesalahan, ujar dia. “Ada sebagian tulisan yang sedikit kabur. Tapi saat dibaca dari awal tulisan ini terlihat jelas dan terbaca, ” jelas uztad.

Lihat langsung
Sementara hingga siang kemarin kitab yang berukuran 1,5 x 3 meter dibersihkan seiring budaya padusan menjelang Ramadan berlangsung. Banyak pengunjung melihat langsung kitab suci Islam ini dibersihkan. Seperti yang dikatakan Dr H Tjipto Subadi, kalau dirinya datang ke masjid ini penasaran dengan Alquran kulit unta yang tua. Dirinya awalnya hanya untuk beribadah di masjid ini tapi setelah melihat kitab ini tertarik membacanya.

“Tulisan Arabnya cukup bagus dan klasik sehingga bagi yang melihat tertarik untuk membacanya. Seperti saya tadi awalnya hanya ingin melihat tapi setelah melihat tulisannya ingin sekali membaca,” tutur pengunjung asal Kartasura ini.

Alquran ini lengkap isinya seperti halnya Alquran lainnya, baik jumlah ayat yakni 6.236 ayat, 114 surat, ruku” sebanyak 558 dan jumlah juz ada 30.